Resep Es Kacang Hijau Nangka

Es Kacang Hijau Nangka
Es Kacang Hijau Nangka

Resep Es Kacang Hijau Nangka - Faktor lain yang perlu diperhatikan ketika akan membuat minuman selain menyegarkan tentu saja adalah dari segi kesehatan. Karena minuman yang sehat tentunya dapat memberikan manfaat yang positif bagi tubuh. Seperti pada resep minuman yang akan resepustaka bagikan pada postingan kali ini. Resep minuman Es kacang hijau nangka. Umumnya kacang hijau digunakan sebagai bahan utama untuk membuat bubur kacang hijau, bakpia atau yang lainnya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kacang hijau merupakan sumber protein nabati dengan kadar protein yang tinggi. Selain itu, kacang hijau juga mengandung mineral, fosfor, dan kalsium yang penting bagi tubuh. Kandungan fosfor dan kalsium pada kacang hijau juga dapat memperkuat tulang, sehingga bisa mengurangi resiko osteoporosis.

Jika biasanya kacang hijau dipadukan dengan ketan hitam, kali ini kacang hijau akan dipadukan dengan nangka sebagai bahan dasar utama untuk resep minuman ini. Dibalik kulitnya yang tebal dan bergetah, nangka yang sudah matang memiliki warna yang kuning, rasa yang manis, dan wangi yang menggoda selera.

Saat masih mentah kulit nangka berwarna hijau dan tak bisa dikonsumsi langsung, melainkan harus diolah terlebih dahulu. Salah satu menu makanan yang bahan dasarnya menggunakan buah nangka muda adalah Gudeg yang resepnya sudah resepustaka bagikan pada posting sebelumnya. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut resep untuk membuat Es kacang hijau nangka yang manis, sehat, lagi menyegarkan.

Bahan-bahan:
200 gr kacang hijau, cuci hingga bersih
10 buah nangka, buang bijinya dan potong-potong kecil menyerupai dadu
600 ml santan kental
2 lembar daun pandan, cuci dan simpulkan
2 gelas air
150 gr gula merah masak dengan 1 gelas air dan saring
½ sdt garam lembut
3 cm jahe, kupas dan memarkan
Susu kental manis secukupnya
Es batu secukupnya

Langkah demi langkah cara membuatnya:
  • Langkah pertama rebuslah kacang hijau hingga empuk, kemudian masukkan bahan-bahan lain seperti jahe yang sudah dimemarkan, santan, gula merah, daun pandan, dan garam secara berurutan sambil sesekali diaduk sampai matang.
  • Angkat dan tunggu sampai dingin
  • Setelah dingin, tuangkan kedalam gelas, tambahkan es batu yang sudah dipotong kecil-kecil dan potongan buah nangka, kemudian aduk.
  • Langkah terakhir tuangkan susu kental manis diatasnya dan Es kacang hijau nangka siap disantap.
Kombinasi antara rasa kacang hijau yang enak, manfaatnya bagi kesehatan, wangi dari daun pandan dan aroma buah nangka yang khas plus rasanya yang manis akan dapat anda temukan dalam minuman Es Kacang Hijau Nangka ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar

Posting Komentar