Resep Cara Membuat Cumi Panggang Saus Teriyaki

Cumi Panggang Saus Teriyaki
Cumi Panggang Saus Teriyaki

Resep Cara Membuat Cumi Panggang Saus Teriyaki – Di Negara kita Indonesia, istilah teriyaki mungkin masih asing. Karena istilah untuk teriyaki dalam dunia kuliner memang berasal dari negeri sakura, Jepang. Untuk olahan cumi kita lebih akrab dengan menu-menu seperti cumi saus tiram, cumi asam manis, ditumis, digoreng, atau olahan cumi yang lain. Oleh karena itu, tidak semua restoran atau tempat makan menyediakan menu yang satu ini untuk dapat anda nikmati, bisa jadi hanya warung makan dan restoran ala masakan jepang saja yang menjualnya. Namun jangan khawatir, karena menu Cumi panggang saus teriyaki ini bisa anda buat sendiri dirumah kok.

Walaupun terdengar masih asing, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menu baru yang akan menambah ilmu dan pengetahuan anda tentang memasak. Ya, menu yang kami maksud dan akan dibagikan resepnya kali ini adalah Cumi panggang saus teriyaki. Cumi panggang yang empuk akan dipadukan dengan bumbu saus teriyaki yang enak.

Ingin tahu bagaimana resep membuatnya dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat Cumi panggang saus teriyaki ini? Simak bahan-bahan dan langkah nya seperti berikut ini.

Bahan bahan untuk Membuat Cumi Panggang Saus Teriyaki:
250 gr cumi segar dan bagus, bersihkan dan ambil dagingnya saja (disarankan menggunakan cumi kupas berukuran besar)
1 sdt jahe parut
1/4 sdt garam
Air secukupnya

Cara Membuat Cumi Panggang Saus Teriyaki:
Terlebih dahulu buatlah Saus teriyaki dengan bahan-bahan dan langkah berikut:
125 ml kecap manis
125 ml kecap asin
55 gr gula merah
1 1/2 sdt jahe parut
3 butir bawang putih parut
2 sdm nenas parut
3 sdm tepung maizena
2 sdm air jeruk nipis

Masukkan kecap manis, kecap asin, gula merah, jahe parut, bawang putih. Masak dan aduk rata kemudian cairkan tepung maizena dengan sedikit air, tuang ke dalam panci sambil diaduk, dan masukkan lagi bahan lain yakni nenas parut dan air jeruk nipis, aduk kembali agar semua bahan tercampur rata hingga mengental kemudian angkat.
  • Setelah saus teriyaki siap langkah selanjutnya, aduk cumi dengan jahe dan garam menggunakan tangan sampai merata, diamkan selama 15 menit.
  • Didihkan dipanci (takaran air diperkirakan bisa merendam semua cumi dalam panci). Masukkan cumi saat mendidih dan masak kurang lebih sekitar 15 detik. Segera angkat dan letakkan di wadah dengan es batu agar cumi tidak terlalu matang.
  • Buat irisan-irisan di dinding cumi dengan jarak agak lebar agar tidak putus.
  • Panaskan oven terlebih dahulu, kemudian baluri cumi dengan saus teriyaki hingga rata (Jangan habiskan saus teriyakinya). Gunakan wadah tahan panas oven untuk memanggang cumi yang telah dibumbui selama 5 menit.
  • Keluarkan cumi, sirami lagi dengan saus teriyaki, dan panggang lagi selama lima menit atau hingga kematangan yang anda inginkan dan bumbu saus meresap maksimal.
  • Keluarkan cumi, tambahkan irisan jeruk nipis, daun selada, irisan timun dan irisan tomat diatas nya sebagai garnis, untuk mempercantik Cumi panggang saus teriyaki ini ketika disajikan.
Sebenarnya, produk saus teriyaki instan banyak tersedia di minimarket. Namun tak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuat sendiri. Terlebih bahan-bahan dan cara membuat saus teriyaki ini cukup sederhana. Dan tentu saja hasil masakan buatan sendiri akan memberikan kepuasan tersendiri bagi anda ketimbang menggunakan saus teriyaki instan.

Pada resep ini pemanggangan menggunakan oven. Pemanggangan dengan menggunakan bara api juga bisa diterapkan untuk menu yang satu ini.

Kualitas cumi yang digunakan sebagai bahan utama akan mempengaruhi rasa, untuk itu gunakanlah cumi yang berkualitas baik dan masih segar untuk mendapatkan rasa yang lezat maksimal untuk menu yang satu ini. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan tentu saja selamat menikmati hidangan Cumi panggang saus teriyaki yang sedap betul.

0 komentar

Posting Komentar