Resep Cara Membuat Teh Talua, Teh Telur Khas Padang

Teh Talua Teh Telur Khas Padang
Teh Talua Khas Padang

Resep Cara Membuat Teh Talua, Teh Telur Khas Padang - Nama minuman yang akan resepustaka bagikan resepnya pada posting kali ini adalah Teh talua. Nama yang mungkin masih asing bagi anda yang bukan berasal dari Sumatera Barat. Teh talua (talua berarti telur), merupakan minuman khas Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari tiga bahan dasar utama yakni Teh, Telur dan  Gula. Tampilan teh talua atau teh telur ini cukup menarik karena memiliki tiga susunan berbeda yakni buih atau busa lapisan paling atas, lapisan kedua berwarna coklat tua, dan  lapisan paling bawah berwarna coklat yang lebih terang/bening. Sekilas sih mirip kaya minuman dari Italia yang sudah mendunia, Cappucino.

Konon, teh talua mulanya hanya dinikmati oleh masyarakat di desa pada pagi hari sebelum beraktifiatas, dengan tujuan untuk menjaga kebugaran dan menambah energi ketika bekerja. Teh talua juga dipercaya dapat menghangatkan suhu tubuh, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi yang bersuhu dingin seperti daerah-daerah di Sumatera Barat.

Karena terbuat dari telur yang masih mentah, besar kemungkinan teh talua akan menimbulkan bau yang amis. Namun, apabila proses pembuatannya dilakukan dengan benar, maka bau amis tidak akan tercium ketika menikmati teguk demi teguk teh talua ini.

Bahan-bahan Teh Talua:
1 sdm Teh kering
1 kuning telur ayam kampung atau bebek
2-3 sdm gula pasir
1 iris jeruk nipis
200 ml air panas

Cara Membuat Teh Talua:
  • Kocok kuning telur dan gula pasir sampai mengembang dan berwarna pucat. Jika adonan masih berwarna kuning, itu artinya pengocokan belum sempurna sehingga bisa menimbulkan bau amis nantinya. Aduklah hingga berwarna pucat. Proses pengocokan telur dan gula bisa dilakukan secara manual atau bisa juga menggunakan mixer. 
  • Seduh teh dengan air mendidih. Buatlah teh yang cukup pekat.
  • Kemudian tuangkan teh secara perlahan ke dalam kocokan telur dan gula yang sudah mengembang tadi melalui saringan agar ampas daun the tidak ikut masuk
  • Tambahkan perasan air jeruk nipis secukupnya
  • Teh talua siap disajikan
Anda bisa menambahkan madu, atau susu kental manis bila anda ingin menikmati Teh talua dengan cita rasa yang berbeda.

Sedikit informasi tambahan, biasanya bau amis dalam teh talua berasal dari putih telur yang ikut tercampur. Jadi pastikan, proses pemisahan kuning telur dan putih telur bisa maksimal sehingga menghasilkan teh talua yang gurih dan manis tanpa amis. Disarankan untuk menambahkan perasan jeruk nipis untuk menetralisir bau amis dari telur yang mungkin masih tercium.

Minuman teh talua ini bisa menjadi pilihan bagi anda untuk dinikmati pagi hari atau ketika malam hari, nikmatilah selagi hangat bersama gorengan, kue atau makanan favorit anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar

Posting Komentar