Tips membersihkan karet pintu kulkas agar bersih dan awet

ilustrasi gambar kulkas

Kulkas merupakan salahsatu perabot yang hampir ada disetiap rumah mengingat fungsinya yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan maupun minuman menjadi lebih lama.
Karena fungsinya yang berhubungan langsung dengan makanan, maka tentu akan sangat penting agar kulkas selalu dalam keadaan bersih, untuk meminimalisir makanan maupun minuman yang kita simpan didalamnya terkontaminasi kontaminasi bakteri dan jamur. Kulkas memiliki beberapa komponen yang tentunya memiliki fungsinya tersendiri. Salah satunya, dalam pintu kulkas terdapat bagian yang di dalamnya dilapisi oleh karet dan magnet.

Selain bagian dalam utama kulkas yang merupakan ruang utama penyimpanan yang rawan kotor, bagian pintu kulkaspun tidak terhindar dari kemungkinan kotor, berdebu, noda atau jamur.

Seperti kita ketahui bahwa pintu kulkas disertai karet kulkas atau door gasket merupakan bagian yang menghubungkan pintu kulkas dan badan kulkas  agar bisa menutup dengan sempurna, yang sekaligus berfungsi untuk meredam suara atau benturan yang dihasilkan ketika kita menutup kulkas. Lapisan karet yang ada pada pintu kulkas tersebut lah yang berperan penting dalam meredam suara atau benturan. Diasmping itu, karet pada pintu kulkas juga berperan penting dalam menjaga suhu dingin yang ada di dalam kulkas. Ketika pintu kulkas tertutup rapat, maka secara otomatis temperatur dingin dari dalam kulkas dapat terjaga dengan baik dan stabil.

Seiring berjalannya waktu, karet yang menempel pada pintu kulkas tersebut bisa menjadi kotor dan dekil yang disebabkan oleh noda, debu, atau jamur karena lembab. Jika dibiarkan, hal ini dapat membuat karet kulkas tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Mengingat karet pintu kulkas yang memiliki peran yang penting pada kulkas maka hal ini tidak boleh dianggap enteng, sehingga bagian ini perlu perawatan rutin karena bisa sobek atau menempel saat pintu terbuka-tutup. Lalu, bagaimana cara membersihkan karet pintu kulkas agar tetap terawat dan bisa awet juga tetap bersih?

Sebagai catatan, karena proses pembersihan karet pintu kulkas ini akan membuat kulkas terbuka, disarankan sebelum melakukan proses pembersihan sebaiknya cabut colokan listrik kulkas terlebih dahulu dengan hati-hati.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memebrsihkan karet pintu kulkas. Dikutip dari beberapa sumber.

Menggunakan cuka
Membersihkan karet pintu kulkas bisa menggunakan cuka tanpa merusak permukaan karetnya. Bersihkan karet kulkas menggunakan sikat gigi bekas yang dicelupkan ke larutan cuka dan air. Gosok perlahan bagian karet kulkas hingga kotorannya terangkat.

Menggunakan pasta gigi
Pasta gigi atau odol dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan noda membandel di karet pintu kulkas. Caranya, oleskan pasta gigi ke bagian yang kotor. Kemudian biarkan kurang-lebih tiga menit kemudian usap dengan kain. Selanjutnya, bilas kain tadi dan gunakan kembali untuk mengelap karet kulkas.

Menggunakan campuran cuka dan deterjen
Siapkan air sebanyak 200 ml kemudian masukkan sedikit cuka dan tambahkan sedikit deterjen ke dalamnya kemudian aduk sampai bahan tersebut larut dalam air. Larutan cuka dan deterjen tersebut dapat digunakan untuk membersihkan karet pintu kulkas dari kotoran yang membandel. Caranya celupkan kain pada larutan tersebut dan usapkan ke bagian yang kotor. Pastikan mengusap dengan lembut agar permukaan karet tidak rusak.

Menggunakan alkohol

Cara lainnya adalah dengan menggunakan alkohol. Bahan pembersih yang satu ini bisa menjadi bahan pembersih yang efektif untuk menyingkirkan jamur serta mensterilkan bakteri dan jamur yang menempel di karet pintu kulkas. Caranya, tuangkan alkohol secukupnya kain atau lap lalu usapkan ke bagian karet kulkas yang kotor.

Menggunakan air hangat
Cara lain untuk membersihkan karet pintu kulkas adalah dengan menggunakan air hangat yang membersihkan debu pada karet pintu kulkas. Caranya, celupkan kain pada air hangat lalu usapkan dengan lembut ke bagian yang kotor.

0 komentar

Posting Komentar