Resep Cara Membuat Perkedel Kentang Enak dan Mudah

 
Ilustrasi gambar Perkedel Kentang (sajiansedap.grid.id)

 Perkedel kentang merupakan salahsatu hidangan pendamping favorit banyak orang karena selain rasanya yang enak dan mudah dibuat makanan yang satu ini memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak perlu terlalu sulit untuk mengunyahnya. Disamping itu perkedel kentang merupakan menu pendamping namun bisa juga sebagai lauk yang dapat bervariasi sehingga tidak membosankan, ia terkadang diisikan daging cincang, telur puyuh, sosis, jagung, kornet, ikan giling, ataupun polos. Tidak hanya itu, perkedel kentang juga cocok dipadukan dengan ragam protein. Dari daging ayam, sapi, hingga seafood tergantung kepada keberagaman selera masing-masing. Namun disisi lain dengan teksturnya yang lembut itu membuat perkedel kentang mudah hancur. Namun, jangan khawatir, karena ada trik untuk membuat perkedel kentang tidak hancur saat digoreng.

Caranya adalah goreng kentang terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Menggoreng kentang akan membuat tekstur kentang tidak mudah hancur. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan merebus kentang sehingga kandungan air akan semakin banyak dan membuat adonan perkedel menjadi lembek sehingga akan mudah hancur saat digoreng. Alternatif lain selain digoreng adalah dengan cara mengukus kentang tanpa merebusnya. Berikut bahan-bahan dan cara membuat perkedel kentang.

Bahan-bahan
500 gram kentang yang sudah dibersihkan dan dikupas
300 ml minyak saur
1 batang daun bawang, iris halus
2 batang seledri, iris halus
2 sdm bawang merah goreng
Garam dan kaldu bubuk secukupnya
1 butir telur ayam yang sudah dikocok

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
1/2 sdt lada putih bubuk

Cara membuat
Potong kentang menjadi empat bagian lalu goreng sampai mantang, angkat kemudian haluskan kentang dengan ulekan. Goreng bawang putih kemudian haluskan dan tambahkan lada putih bubuk. Setelah halus, masukkan bumbu ke adonan kentang.

Tambahkan irisan seledri, irisan daun bawang, bawang merah yang sudah di goreng, seledri, garam, dan kaldu bubuk/penyedap secukupnya kedalam adonan kentang tadi kemudian aduk hinga bumbu dan adonan merata.

Bentuk adonan menjadi bulat dengan sedikit ditekan sehingga menjadi bulat pipih, celupkan kedalam kocokan telur. Goreng adonan kentang tadi dengan api kecil sampai berwarna kuning agak kecoklatan. Angkat, tiriskan, lalu sajikan dengan ditambahkan irisan tomat dan seledri sebagai garnis. Itulah Resep Cara Membuat Perkedel Kentang Enak dan Mudah, selamat mencoba ya...

0 komentar

Posting Komentar