Resep Membuat Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi
Rendang Daging Sapi

Resep Membuat Rendang Daging Sapi - Rendang, adalah salah satu masakan khas nusantara yang berasal dari Padang yang sudah sangat populer di Indonesia bahkan sudah dikenal dibeberapa negara lain. Makanan yang berbahan utama dari daging sapi yang diungkep, kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu pilihan sehingga menjadikannya sangat enak dan lezat. Hhhmm… mendengar kata rendang saja sudah membuat saya lapar dan membayangkan kelezatan dari masakan khas padang yang satu ini.

Bumbu rendang memang sudah sangat terkenal kelezatannya, sehingga tak heran jika rendang menjadi salah satu andalan di setiap restoran makanan padang dan bila menikmati menu rendang di resto-resto padang hampir semuanya enak walaupun disajikan dan memiliki tampilan yang agak berbeda-beda, racikan bumbu dan cara membuatnya.

Menikmati lezatnya rendang tidak harus dengan membelinya dari salah satu restoran atau warung masakan padang di daerah tempat tinggal anda, tetapi kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mungkin tidak sesulit yang anda bayangkan sebelumnya. Bagi anda yang ingin mencoba membuat rendang daging sapi ala Rumah Makan Padang sendiri dirumah bisa mengikuti resep cara memasak rendang daging sapi berikut ini.

Bahan-bahan:
1 kg Daging sapi tanpa lemak, potong dan cuci sampai bersih lalu tiriskan
3 buah kelapa tua, buat menjadi santan kental
20 butir Bawang merah
10 siung Bawang putih
1 ons Cabai merah
2 ruas jari Jahe
2 cm lengkuas (digeprek)
1 sdt merica bubuk
2 batang Sereh geprek terlebih dahulu
2 biji asam kandis
2 buah Bunga pekak
3 lembar Daun jeruk
4 lembar Daun salam
1 lembar Daun kunyit
Garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu pelengkap:
1 sdm Kelapa serundeng giling (kelapa parut di sangrai sampai berwarna coklat, kemudian di giling halus hingga keluar minyaknya)
1 sdm Hati sapi rebus, di giling halus
1 sdm Air asam
Garam, dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat Rendang:
  • Haluskan terlebih dahulu bawang merah dan putih, cabai, jahe dan lengkuas 
  • Mulai ungkep daging sapi yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang dihaluskan, tunggu sampai daging agak kering. 
  • Masukan santan kental, daun salam, gula pasir, garam, asam, bunga pekak, merica bubuk, sereh, daun jeruk, dan daun kunyit yang di sobek-sobek terlebih dahulu, kemudian aduk hingga merata 
  • Tunggu sampai santan mendidih, dan sedikit mengeluarkan minyak, kemudian kecilkan api 
  • Campurkan bahan pelengkap kedalam rendang kemudian aduk sampai merata 
  • Teruslah mengaduk agar rendang tidak menempel pada wajan, tunggu sampai rendang berubah warna kecoklatan dan mengering 
  • Angkat dan rendang pun siap untuk disajikan.
Itulah postingan kali ini dari respustaka tentang Resep membuat rendang daging sapi semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar

Posting Komentar