Resep Ikan Gurame Bakar Bumbu Kecap

Resep Ikan Gurame Bakar Bumbu Kecap
Ikan Gurame Bakar Bumbu Kecap

Resep Ikan Gurame Bakar Bumbu Kecap  - Ikan sangat baik untuk dikonsumsi karena merupakan sumber protein yang sehat dan juga rendah lemak, oleh karena itu ikan sering disarankan sebagai alternatif sumber protein hewani selain daging. Ikan gurame termasuk jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan sehingga tentunya tidak sulit untuk mendapatkan jenis ikan ini. Ikan bakar merupakan salah satu menu makanan favorit dan sangat banyak digemari.
Ikan gurame banyak menjadi pilihan karena memiliki tekstur daging yang tebal dan memiliki duri yang besar dan jarang. Ada beberapa pilihan cara untuk memasak ikan gurame, mulai dari ikan gurame goreng, ikan gurame pepes, dan yang seperti pada postingan berikut ini, Gurame bakar bumbu kecap. Gurame bakar bumbu kecap termasuk salah satu yang favorit karena penggunaan bumbunya yang sederhana dan praktis namun memiliki cita rasa yang khas yang tentunya dapat memanjakan lidah yang menikmatinya.

Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat Gurame bakar bumbu kecap.

Bahan-bahan
2 ekor ikan gurame yang masih segar
1 buah jeruk nipis untuk lumuran
8 sdm kecap manis
1 buah tomat merah dipotong-potong dadu kecil
2 lembar daun jeruk
Penyedap rasa secukupnya atau sesuai selera
150 ml air
1/2 sdt garam
minyak goreng untuk menumis bumbu

Haluskan :
1 sdm ketumbar
8 butir bawang merah
5 buah cabe merah besar
4 cm jahe

Cara membuat
  • Bersihkan ikan dan selanjutnya lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. 
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum lalu masukkan tomat. Tuang air, garam dan kaldu bubuk, aduk rata serta masak hingga kuah mengental. Lanjutkan dengan memasukkan kecap manis, aduk rata lalu matikan api. 
  • Lumuri ikan dengan tumisan bumbu tersebut secara merata pada bagian luar dan bagian dalam ikan. Selanjutnya bakar ikan yang sudah dilumuri tersebut, jangan lupa dibalik agar ikan matang merata sambil terus  dioles dengan bumbu tumisan tadi sampai ikan matang. 
  • Gurame bakar sudah siap untuk dihidangkan.
Bagi anda yang menyukai masakan yang pedas, anda bisa melengkapi penyajiannya dengan sambal kecap, atau aneka sambal lainnya untuk menambahkan cita rasa pedas kedalam menu masakan yang satu ini. Gurame bakar bumbu kecap ini bisa menjadi referensi bagi anda para ibu rumah tangga untuk melengkapi variasi menu masakan sehari-hari untuk keluarga tercinta dirumah. Itulah postingan dari respustaka kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar

Posting Komentar