Resep Membuat Dendeng Cabe Hijau

Dendeng Cabe Hijau
Dendeng Cabe Hijau (hariandepok.com)

Resep Membuat Dendeng Cabe Hijau  – Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau menu makanan yang satu ini memiliki citarasa yang pedas, gurih dan juga lezat tentunya. Rasa gurih berasal dari daging sapi dan bumbu-bumbunya, sedangkan rasa pedas tentu saja berasal dari cabe hijau. Ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang menyukai masakan bercitarasa pedas. Tidak seperti makanan yang berbahan dasar daging sapi pada umumnya, dendeng cabe hijau ini memiliki tekstur daging yang kering dan renyah namun tetap istimewa karena daging sapi sebagai bahan utamanya diiris tipis.

Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya dirumah, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus anda siapkan berikut step by step cara membuatnya. Saran dari saya, fokuslah pada masakan anda jangan sampai gosong karena harga daging sapi mahal lho, kan mubazir kalau sampai gosong. Hehehe… bercanda.

Ok lanjut, berikut bahan-bahan untuk membuat Dendeng cabe hijau dan cara membuatnya.

Bahan-bahan Dendeng Cabe Hijau:
500 gr daging sapi iris tipis (sesuaikan tebal-tipis nya ukuran pengirisan sesuai dengan selera anda, semakin tipis ukuran irisan akan menghasilkan dendeng yang renyah dan kering)
Garam halus secukupnya
1 sdt air asam jawa
3 lembar daun jeruk
minyak goreng secukupnya
Bahan-bahan untuk bumbu yang diulek:
10 buah cabe hijau besar
3-5 buah cabe rawit hijau (sesuaikan kepedasannya dengan selera anda dan keluarga)
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam

Cara Membuat Dendeng Cabe Hijau:
  • Bersihkan daging sapi kemudian iris tipis, tambahkan sedikit garam halus sambil diaduk rata agar garam meresap kedalam daging
  • Siapkan wajan, panaskan minyak, lalu goreng daging sapi sampai matang dan kering, angkat kemudian tiriskan
  • Selanjutnya, tumislah semua bumbu yang diulek tadi bersama daun jeruk dengan sedikit minyak, minyak untuk menumis bisa menggunakan bekas menggoreng daging tadi agar aroma daging dari masakan lebih tajam jangan lupa masukan air asam jawa kedalam tumisan.
  • Setelah tumisan matang dan mengeluarkan aroma wangi, itu adalah pertanda bahwa sudah saatnya api kompor dimatikan.
  • Saatnya plating, hidangkan dendeng dengan menuangkan tumisan bumbu ulek tadi di atasnya, anda bisa menaburkan sedikit bawang goreng untuk menambah aroma wangi yang menggugah selera makan anda dan keluarga ke dalam masakan.
  • Dan dendeng cabe hijau pun siap untuk dinikmati

Sajian yang satu ini memang sangat menggoda selera karena tampilannya dan aromanya yang nikmat, dan tentu saja juga memiliki rasa lezat dan sensasi pedas dari tumisan bumbu cabe hijaunya. Nikmatilah bersama nasi putih yang masih hangat, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar