Resep Minuman Jus Jagung Manis

Jus Jagung Manis
Jus Jagung Manis (thekitchn.com)

Resep Minuman Jus Jagung Manis - Dari bijian yang dihasilkannya, jagung menjadi sumber pangan pokok bagi manusia setelah gandum dan beras. Bijian kering jagung dapat dihaluskan untuk menjadi tepung jagung atau tepung maizena. Jika ditanya tentang makanan apa yang terbuat dari jagung, yang terlintas di benak kita mungkin adalah jagung bakar, jagung rebus, pergedel, bakwan jagung, popcorn, pelengkap sayur asem, atau mungkin yang lainnya. Olahan makanan yang terbuat dari jagung memang sangatlah banyak dan bervariasi.

Namun bagaimana dengan minuman? Bisakah jagung yang kita ketahui banyak digunakan sebagai bahan dasar atau pelengkap untuk membuat menu makanan ini digunakan untuk membuat minuman? Jawabannya tentu saja bisa. Contohnya seperti minuman Susu Jagung yang akan resepustaka bagikan resepnya kali ini. Namun seperti apa ya rasanya? Rasa yang tercipta dari perpaduan, jagung, susu dan soda yang diblender ini ternyata cukup enak. Daripada penasaran, mending simak deh resep cara membuat Jus Jagung Manis berikut ini.

Bahan-bahan Jus Jagung Manis:
2 buah Jagung manis muda
1 sdm gula pasir atau pemanis rendah kalori
Susu kental manis putih
Air soda kalengan
Es batu

Cara membuat Jus Jagung Manis:
  • Rebus jagung hingga matang dan lunak, kemudian angkat, lalu tiriskan, biarkan hingga dingin
  • Pipil biji jagung atau gunakan pisau dapur untuk mempermudah pemisahan jagung dari tongkolnya
  • Haluskan jagung dengan menggunakan blender, tambahkan susu kental manis dan gula/pemanis rendah kalori kemudian blender kembali sampai tercampur rata dan jagung benar-benar halus
  • Tuang jus jagung dalam gelas saji sambil disaring agar sisa ampas dari biji jagung yang diblender tadi tidak ikut masuk kedalam gelas
  • Tambahkan es batu dan air soda secukupnya
  • Jus jagung manis siap disajikan

Oo ya, jenis jagung yang digunakan disini adalah jagung manis yang masih muda, namun tidak terlalu muda lho ya, karena jagung manis yang masih muda memiliki tekstur lembut dan memiliki rasa manis pada tiap butirannya. Untuk menghindari rentan dari diabetes sebaiknya kurangi atau hilangkan tambahan gula atau pemanis pada jus jagung manis ini, karena rasa manis sebenarnya sudah bisa didapatkan dari bahan baku lainnya yaitu susu kental manis dan juga jagung muda itu sendiri.

Sedikit informasi tambahan, bahwa jagung merupakan sumber karbohidrat, dan juga mengandung protein yang berguna bagi tubuh, gula dan juga lemak. Bahkan sekarang jagung dikenal sebagai penghasil gula yang rendah kalori sebagai alternatif pengganti gula dari tebu. Gula jagung bagus untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Jagung juga mengandung vitamin. Vitamin yang ada dalam jagung adalah vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan syaraf.

Terima kasih sudah berkunjung ke resepustaka hari ini, silahkan datang dan berkunjung lagi dilain hari untuk mendapatkan resep-resep minuman maupun resep masakan lainnya. Dan semoga resep minuman Susu Jagung yang resepustaka bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda, selamat mencoba.

0 komentar

Posting Komentar