Resep Cara Membuat Panna Cotta Saus Strawberry

Panna Cotta Saus Strawberry
Panna Cotta Saus Strawberry

Resep Cara Membuat Panna Cotta Saus Strawberry - Jika anda makan di restoran pasta atau resto yang menyajikan makanan khas barat atau western food, di buku menunya mungkin anda akan menemukan salah satu menu bernama Panna Cotta. Meskipun mungkin tidak semua restoran pasta atau western food menyajikan Panna Cotta. Panna cotta merupakan salah satu jenis puding khas orang eropa, ada yang bilang pudding ini berasal dari Italia bagian utara, ada juga yang bilang berasal dari Perancis. Ada berbagai macam jenis panna cotta, tergantung jenis bahan pendampingnya. Beberapa contohnya adalah seperti karamel, cokelat, oreo, yoghurt, kacang almond, lemon, mangga, buah berry ataupun buah kering.

Panna Cotta, nama yang asing dan bikin penasaran. Sebenarnya apa sih artinya? Setelah buka google translate, kata Panna Cotta merupakan terjemahan dari cooked cream  atau bila di Indonesiakan artinya adalah “krim yang dimasak”. Sesuai dengan namanya, panna cotta dibuat dari campuran krim dan gula yang direbus dan ditambahkan gelatin. Sajian ini biasa dicetak dalam gelas-gelas kecil dan disajikan dalam keadaan dingin.  Makanan ini sering di sajikan sebagai cemilan atau makanan penutup. Dengan tampilannya yang menarik serta rasa yang creamy dan tekstur yang lembut, panna cotta memang sangat pas dinikmati setelah anda menghabiskan menu utama. Apalagi rasanya juga enak yang merupakan perpaduan manis dan asam dari gelatin dan buah-buahan segar sebagai bahan pembuatnya.

Dari sekian banyak jenis varian Panna Cotta yang bisa dikreasikan, kali ini resepustaka akan membagikan informasi resep kepada anda semua yakni Panna Cotta Saus Strawberry. Mengapa menggunakan strawberry? Karena Panna Cotta rasanya super creamy, jadi untuk menyeimbangkan rasa manisnya tersebut, pana cotta biasa dipadukan dengan saus buah-buahan yang agak asam seperti strawberry. Berikut komposisi dan takaran Panna Cotta Saus Strawberry untuk saran penyajian sebanyak 6 buah.

Bahan-bahan Panna Cotta Saus Strawberry:
15 gr gelatin bubuk, larutkan dengan 3 sdm air panas
150 ml susu cair
500 ml krim kental
2 sdt vanili bubuk
100 gr gula pasir

Saus Strawberry:
250 gr buah strawberry
1,5 sdm gula pasir
0.5 sdt merica hitam bubuk atau 50 ml jus lemon (pilih salah satu)

Cara membuat Panna Cotta Saus Strawberry:
Untuk Puding: 
  • Campur larutan gelatin dengan susu cair, aduk hingga rata
  • Panaskan krim dan gula pasir di atas api kecil sambil terus di aduk hingga gula larut, kemudian angkat
  • Tambahkan campuran susu-gelatin dan vanili, aduk selagi panas hingga gelatin matang dan larut
  • Setelah larut dan semua tercampur rata, saring adonan puding, dan tuang ke dalam cetakan, kemudian masukkan kedalam kulkas agar padat.
Cara Membuat Saus Strawberry:
  • Masukkan semua bahan saus ke dalam blender. Blender hingga semua bahan halus
  • Setelah semua bahan halus tercampur menjadi satu, tuang ke dalam mangkuk, masukkan dalam kulkas
  • Setelah puding dingin dan padat, keluarkan puding dari kulkas juga saus strawberry nya, kemudian sajikan
  • Panna Cotta Saus Strawberry siap disantap

Sedikit rasa asam dari buah strawberry pada resep Panna Cotta Saus Strawberry ini akan memberikan sensasi rasa asam segar saat anda nikmati. Resep ini memungkinkan anda untuk bebas berkreasi sedemikian rupa. Anda dapat mengganti strawberry dengan buah berri lainnya atau dengan pendamping lain yang sesuai dengan selera anda dan keluarga. Dengan rasa yang manis dan teksturnya yang lembut. Kami rasa, Panna Cotta Saus Strawberry ini akan cocok untuk putra dan putri kesayangan anda, karena kita tahu bahwa anak-anak sangat menyukai rasa manis dan susu, serta buah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar

Posting Komentar